Membuat saklar SMS dengan Arduino Uno (GSM PCB Controller)

930 x 180 AD PLACEMENT

Halo teman – teman, berjumpa kembali dgn DT-Production. Saat ini kami akan memberikan sebuah tutorial tentang cara membuat saklar sms berbasis mikrokontroler arduino, modul gsm sim800l v1 & 2 channel relay atau lebih tepatnya membuat saklar sms dengan GSM PCB Controller sebuah produk dari DT-Production.

GSM PCB Controller

Nah.. untuk teman-teman yang ingin membeli silahkan klik link berikut untuk melakukan order via Tokopedia disini atau via BukaLapak disini

Oke langsung saja, program yang akan kita buat cara kerjanya seperti berikut; ketika alat dinyalakan maka pertama kali akan ada sebuah notifikasi berupa sms yang isinya “System Ready” artinya menandakan bahwa sistem sudah siap untuk kita jalankan atau oprasikan. selanjutnya jika teman – teman mengirim sms “Relay 1 ON” maka relay 1 akan menyala & Kontroler akan mengirimkan sms balasan “Relay 1 telah on” sebagai pesan notifikasi, begitu juga cara kerjanya dengan relay ke 2 ya. selanjutnya jika teman – teman mengirim sms “All ON”, maka kedua relay akan menyala beserta sms notifikasi dari kontroler akan dikirim dan jika sms yang dikirim “All OFF” maka kedua relay akan mati dan sms notifikasi akan dikirim juga.

Oke langkah awal karna kita menggunakan library Seeeduino yang default pin RX TX nya adalah D7 & D8 maka teman teman perlu mengubahnya tetapi sebelumnya silahkan download library nya disini.
Setelah didownload file dlm bentuk .ZIP buka Software Arduino IDE, kemudian tambahkan library Seeeduino yang sudah didownload tadi dengan cara klik pada tab menu :

930 x 180 AD PLACEMENT

Sketch > Include Library > Add .ZIP Library… > pilih library Seeduino yang sudah di download.

Setelah berhasil menambahkan library Seeduino, teman2 bisa membuka folder library tersebut yang biasanya lokasi nya ada bersama dengan lokasi penyimpanan projek-projek Arduino IDE teman-teman yang disave, biasanya di :

Documents > Arduino> libraries > Seeeduino_GPRS-master

Kemudian didalam folder seeeduino, teman – teman cari file yang bernama “sim800.h” lalu buka file tersebut, teman – teman bisa menggunakan notepad++ untuk mengedit. Selanjutnya pada bagian :

930 x 180 AD PLACEMENT
define SIM800_TX_PIN 8
define SIM800_RX_PIN 7

ganti menjadi

define SIM800_TX_PIN 3
define SIM800_RX_PIN 2

kemudian tekan ctrl+s untuk meyimpan.
Setelah selesai silahkan teman-teman download sketch berikut kemudian copas sketch-nya ke projek baru yang teman-teman sudah buat.
Download sketch Saklar SMS

930 x 180 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Programmer & Videographer.

2 thoughts on “Membuat saklar SMS dengan Arduino Uno (GSM PCB Controller)

  • Unquestionably consider that which you said. Your favourite justification seemed to be at the internet the easiest factor
    to remember of. I say to you, I certainly get annoyed while
    folks think about concerns that they plainly don’t know about.
    You controlled to hit the nail upon the top and also outlined out the
    entire thing without having side-effects , people could take a signal.
    Will probably be again to get more. Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
930 x 180 AD PLACEMENT