Menyimpan TAG ID RFID ke Database MySQL Dengan ESP32 DEVKIT V1 Part I

Halo berjumpa lagi dengan DT Production, kali ini DT Production akan memberikan sebuah tutorial yaitu cara menghubungkan atau mengakses modul RFID RC522 dengan ESP32 Devkit V1. tentu saja ini sangat bermanfaat bagi teman – teman yang ingin membuat sebuah projek IoT yang berhubungan dengan ESP32 serta modul RFID RC522. Pada percobaan kali ini dapat teman – teman gunakan sebagai basic example untuk membuat projek akses pintu menggunakan RFID atau sistem absensi menggunakan RFID dll. kenapa menggunakan MySQL ?? karna dengan MySQL kita akan menyimpan Tag ID dari RFID tersebut, dimana Tag ID itu dapat kita gunakan sebagai parameter pembanding untuk menjalankan suatu kondisi. Contoh dasarnya kita asumsikan bahwa sebuah Tag ID yang disimpan di database adalah sebuah password login ke sebuah website. tentunya jika Tag ID yang tidak di daftarkan tidak dapat melakukan login.

Demikian sedikit penjelasan mengenai projek yang akan kita buat saat ini.
Untuk langkah awal teman – teman perlu menyiapkan beberapa tool percobaan yaitu :
1. ESP32 Devkit V1
2. Base / Expansion Board ESP32 Devkit V1
3. Kabel jumper Female to Female
4. Power adaptor 9v

Semua perlengkapan diatas, dapat teman – teman beli di toko kami dengan harga yang sangat terjangkau dan berkualitas. Berikut link toko DT Production.

Setelah semua sudah disiapkan, pertama teman -teman harus memastikan sudah menambahkan board ESP32 ke software Arduino IDE yang teman – teman miliki. Jika belum ditambahkan silahkan klik disini.
kemudian setelah memastikan sudah menambahkan board ESP32 ke Arduino IDE, teman – teman dapat mengunduh library RFID yang akan digunakan, untuk mengunduh library silahkan klik disini.

tambahkan library tersebut kedalam software Arduino IDE teman – teman. Selanjutnya berikut ini adalah pin map antara ESP32 DEVKIT V1 dengan modul RFID RC522.

RC522 (RFID)ESP32 DEVKIT V1
(Base /Expansion Board)
3v33v3
RSTD22
GNDGND
IRQ
MISOD19
MOSID23
SCKD18
SDAD21

Setelah semua pin terkoneksi seusai dengan tabel pin map diatas, kita akan menguji kerja RFID tersebut. dimana pada sketch percobaan berikut kita akan mengambil tag ID RFID yang akan kita simpan nantinya di database.
salin sketch berikut dan tempelkan pada projek baru di Software arduino IDE.

Sebelum melakukan upload ke kontroler ESP32, hubungkan USB kabel ke ESP32 dan pada software Arduino IDE atur pilihan board serta port terlebih dahulu. Caranya masuk pada tab tools dan atur seperti pada gambar dibawah ini.

Setelah selesai, klik tombol upload.

Error saat upload pada ESP32 DEVKIT V1

Jika terjadi error saat melakukan upload, coba lakukan upload sekali lagi dan perhatikan indikator upload pada software arduino IDE, saat menekan tombol upload tekan dan tahan tombol “BOOT” pada board ESP32 DEVKIT V1 sampai proses indikator upload full kemudian lepas tombol “BOOT” yang ditekan.

Selanjutnya ujilah projek ini, dengan menempelkan kartu tag RFID atau E KTP pada modul RFID RC522 dan lihat ID yang terbaca pada serial monitor.
berikut ini adalah video percobaan dari example diatas.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

Theme BCF By aThemeArt - Proudly powered by WordPress .
BACK TO TOP