Share ke Facebook
Share ke Facebook
Subscribe Channel Kami
Subscribe Channel Kami
Share ke WA
Share ke WA
Share ke Telegram
Share ke Telegram

Sistem pengukuran ketinggian air dan buka tutup pintu air berbasis IoT (Telegram BOT)

Halo teman – teman salam berjumpa kembali. pada kesempatan ini DT Production akan memberikan tutorial tentang bagaimana membuat sebuah sistem pengukuran ketinggian air serta membuka atau menutup pintu air berbasis IoT (Internet Of Things) menggunakan bantuan BOT dari aplikasi Telegram. sistem ini sangat bermanfaat untuk teman – teman yang lagi membuat projek kampus, sekolah, atau mungkin lagi skripsi bisa menjadi referensi bagi teman – teman sekalian.

Bagaimana cara kerja alat ini ? disini kita bisa mendapatkan fitur – fitur yaitu :
1. Dapat memberikan informasi status ketinggian air
2. Dapat memberikan informasi status keadaan pintu air apakah terbuka atau tertutup.
3. Dapat mengontrol pintu air secara manual
4. Jika ketinggian air kurang dari batas yang ditentukan maka pintu air akan tertutup otomatis dan memberikan notifikasi dari BOT kepada pengguna.
5. Sama halnya dengan poin ke 4 tetapi jika ketinggian air melebihi batas yang ditentukan.

Nah semoga teman bisa memaklumi kekurangan atau kelebihan dari fitur yang sudah DT Production berikan dalam program atau sketch.
untuk langkah awal teman teman perlu menyiapkan sebuah board IoT Project Controller dari DT Production, teman – teman dapat membeli via tokopedia dan bukalapak. silahkan klik link berikut jika teman – teman berminat.

Order via TOKOPEDIA
Order via BukaLapak

Pada projek ini kita menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04, dan sebuah motor servo SG90 dan sejenisnya, serta USB to TTL dan kabel jumper secukupnya.

Langkah awal kita perlu membuat sebuah BOT telegram terlebih dahulu diharapkan teman – teman sudah menginstall aplikasi Telegram di Android atau IOS. ikuti langkah – langkah pada video berikut.

Setelah selesai membuat sebuah BOT teman – teman perlu menyimpan HTTP API dari bot yang sudah teman – teman buat.

Telegram BOT API

Kemudian untuk wairing atau skema dari rangkaian yang digunakan teman – teman hubungkan seperti berikut ini :

Ultrasonik HC-SR04 === > Board IoT Project Controller
TRIG => D6
ECHO => D5
VCC => 5v
GND => –

Servo === > Board IoT Project Controller
Data => D7
VCC => 5v
GND => –

Harap Baca !

Dikarenkan pin 5v dan – hanya 1, maka teman – teman bisa menggunakan bread board untuk menjumper pin 5v dan – atau GND.

Jika sudah selesai siapkan catu daya berupa adaptor 5v 1A. untuk menjalankan projek ini. Selanjutnya teman – teman download library – library yang akan digunakan yaitu Arduino JSON, Universal Telegram Bot. silahkan teman download pada link berikut.
Download unversal telegram
Download ArduinoJson

Selanjutnya teman – teman buka software arduino IDE dan tambahkan kedua library tersebut. Untuk setup awal pada board IoT Project Controller, teman – teman bisa mengikuti langkah – langkah installasi board dll pada Arduino IDE, klik disini untuk mengikuti.

Setelah itu teman – teman bisa mendownload sketch nya disini dan setelah selesai buat projek baru pada software Arduino IDE kemudian teman – teman paste sketch yang sudah di download ke projek yang baru teman – teman buat. selanjutnya teman – teman perlu memasukan HTTP API yang sudah didapatkan pada saat membuat BOT Telegram tadi ke dalam sketch, perhatikan sketch pada projek ini. karena board ini terkoneksi internet menggunakan koneksi WiFi, maka teman – teman perlu menyediakan koneksi internet berbasis nirkabel atau WiFi entah menggunakan wireles router atau hotspot dari hp teman – teman sendiri. kemudian teman masukan pada sketch ssid(nama akses point) dan password(password akses point) kedalam sketch projek ini, perhatikan pada sketch pada projek ini.
setelah selesai teman – teman tinggal melakukan upload ke boar IoT Project Controller,


Perlu menjadi perhatian, DT Production memohon maaf jika ada kekurangan dari sketch atau projek yang dibuat. diharapkan teman – teman dapat memperbaiki kekurangan tersebut dan sketch sudah dicoba dan berjalan sebagaimana mestinya. video berikut merupakan hasil percobaan projek ini. Terimakasih

You May Also Like

About the Author: admin

13 Comments

  1. Hi there, just became aware of your blog through Google, and
    found that it’s really informative. I’m going to watch out for brussels.
    I will appreciate if you continue this in future. A lot of people
    will be benefited from your writing. Cheers!

  2. Gan saya coba menggunakan nodemcu v3 nah pakai program agan , pas saya cek di serial monitor memang pembacaan ultrasoniknya lama ya ? Berbeda dengan tanpa telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *